Bagaimana Seharusnya Peran Peserta Didik dalam Pembelajaran TI?
Peran peserta didik dalam pembelajaran seharusnya bukan menjadi objek yang pasif(hanya menerima informasi dari pengajar atau sering dikatakan "nunggu bola:),tapi menjadi objek yang aktif,dan menjadi partisipan yang aktif dalam pembelajaran("jemput bola").
Peserta didik tidak hanya mengingat fakta-fakta atau mengungkapkan kembali informasi yang diterima dari pengajar,namun mampu menghasilkan atau menemuka berbagai informsi atau ilmu pengetahuan.
Dengan demikina penguasaan terhadap pembelajaran TI akan terasa cepat dan efektif.Hal ini juga memberi kemudahan bagi pengajar yang berperan sebagai fasilitator atau yang memberi kemudahan begipeserta didik untuk belajar bukan sebagai informan.Pengajar bukan satu-satunya sumber informasi bagi peserta didik,degan perkembangan TI saat ini,peserta didikdapat memperoleh informasi dari mana saja dengan mudah,cepat,dan kapan pun bisa diakses.
Ketika peserta didik sudah menjadi peserta yang aktif maka pengajar bukan instruktur yang memberikan perintah atau mengarahkan kepada peserta didik melainkan menjadi mitra belajar sehingga siswa tidak segan untuk bertanya,berpendapatdan bertukar pikiran dengan pengajar.
sumber:Kurukulum Berbasis TIK
DR.Munir,M.IT.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar