love it

love it

Rabu, 18 Mei 2011

Peran Software dalam Proses Pengerjaan Tugas Mahasiswa


Nama Kelompok:
Martina Lydia Lieda (10-023)
Artha W. Rumahorbo (10-035)
Mona Sriukur (10-047)

Topik : Peran Teknologi sebagai Media Belajar pada Mahasiswa
Judul  : Peran Software dalam Proses Pengerjaan Tugas Perkuliahan Mahasiswa

Pendahuluan

A. Latar Belakang
Perkembangan zaman yang semakin modern dan perkembangan teknologi yang semakin canggih sekarang ini dapat kita lihat telah menjamur dimana-mana. Internet, telepon genggam, laptop, dan gadget-gadget yang tidak terhitung banyaknya. Tidak dapat kita pungkiri, kita tidak bisa lepas dari kemajuan teknologi ini, karena kemajuan teknologi ini sudah merambah dan mempengaruhi hampir di semua bidang kehidupan. Kita justru harus mampu menyesuaikan diri dengan teknologi yang ada.
Begitu juga halnya dengan bidang pendidikan. Para pelaku bidang pendidikan, baik yang dididik maupun yang mendidik harus mampu memaksimalkan teknologi-teknologi yang ada dan menggunakannya sebagai media pembelajaran. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah software. Software, tentu tidak asing lagi di telinga, karena sadar atau tidak kita pasti sudah sangat sering menggunakannya. Setiap kali kita menggunakan komputer atau laptop, kita pasti juga akan menggunakan software. Para pelaku bidang pendidikan yang memanfaatkan teknologi, dalam hal ini mahasiswa khususnya, pasti juga tidak terlepas dari software. Apalagi ketika mengerjakan tugas-tugas perkuliahan. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk memilih topik dan judul ini untuk diamati dan diteliti lebih lanjut, untuk melihat bagaimana sebenarnya peran software bagi mahasiswa dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

B. Landasan Teori
Perkembangan ilmu pengetahuan selalu diiringi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sejalan dengan hal  tersebut, teknologi mulai diterapkan dalam pendidikan. Hal ini diterapkan karena adanya pandangan yang meyakini  bahwa science dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup manusia. Dan kini tak jarang ditemukan di berbagai belahan dunia terdapat sistem pendidikan yang berbasis TIK.
Penggunaan TIK dalam pedidikan berkembang melalui 3 tahap,yakni:
1.    Penggunaaan Audio Visual  Aid (AVA)
2.    Penggunaan materi-materi berprogram
3.    Penggunaan komputer dalam pendidikan
Dalam penggunaan komputer inilah diperlukan software. Software (perangkat lunak) adalah program yang berjalan dalam komputer, yang di eksekusi oleh CPU untuk mengerjakan tugasnya. Software atau perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras.
Software melibatkan beberapa hal, di antaranya adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer. Contoh software adalah Microsoft Office, Photoshop, Macromedia Flas Mx, Winamp, dan lain sebagainya.
Penggunaan software juga berperan penting dalam pendidikan andragogi, dimana para peserta didik diajarkan memiliki sikap kemandirian dalam mencari dan mengolah data. Dalam proses mencari dan mengolah data inilah software mendapat peranan penting bagi peserta didik.

C. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan dalam mini proyek ini:
1. Alat tulis
2. Catatan/notes
3. Telepon genggam, sebagai perekam suara
4. Laptop

Identifikasi Objek Penelitian

A. Jumlah dan Identitas Narasumber
Individu yang menjadi sumber data penelitian kami berjumlah 8 orang, berusia antara 18-20 tahun, dan berasal dari beberapa perguruan tinggi di kota Medan.
  1. Dian Solin, 20 tahun, Jenis kelamin perempuan, Stambuk 2008, Fakultas/Jurusan Teknik/Teknik Sipil, Politeknik Negeri Medan
  2. Gabe Srisutarti, 20 tahun, Jenis kelamin Perempuan, Stambuk 2008, Fakultas/Jurusan Teknik/Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara
  3. Resdina Silalahi, 20 tahun, Jenis kelamin Perempuan, Stambuk 2009, Fakultas/Jurusan Mipa/Fisika, Universitas Sumatera Utara
  4. Ambarita, 20 tahun, Jenis kelamin Laki-laki. Stambuk 2010, Fakultas/Jurusan Teknik/Teknik Elektro, Politeknik Negeri Medan
  5. Theodora Ginting, 23 tahun, Jenis kelamin Perempuan, Stambuk 2007, Fakultas/Jurusan Administrasi Negara, Universitas Nomensen
  6. Rio, 20 tahun, Jenis kelamin Laki-laki, Stambuk 2008, Fakultas/Jurusan Ekonomi/Manajemen, Universitas Negeri Medan
  7. Yurina B. Saragih, 18 tahun, Jenis kelamin Perempuan, Stambuk 2010, Fakultas/Jurusan Keperawatan, Universitas Sumatera Utara
  8. Luci O. Sitorus, 18 tahun, Jenis kelamin Perempuan, Stambuk 2010, Fakultas/Jurusan Farmasi, Universitas Sumatera Utara
B. Tempat Penelitian
Lokasi yang menjadi tempat wawancara kami adalah:
•    Jln Jamin Ginting Gg. Sarman No. 18
•    Jln Jamin Ginting Gg. Sarman No. 26
•    Jln Jamin Ginting Gg. Sarman No. 23-24
•    Jln Jamin Ginting Gg. Sarman No. 21
•    Jln Dr. Mansur Gg. M.Yusuf No. 9
•    Jln Dr. Mansur Gg. Kenari No. 5A

C. Proses Analisa Data & Pembuatan Kesimpulan
Metode pengambilan data yang kami gunakan berupa wawancara langsung dengan objek penelitian, dengan 12 pertanyaan yang dikembangkan.

Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

Waktu                              Kegiatan
Selasa, 19 April 2011    Menentukan topik dan judul
Selasa, 26 April 2011    Mengerjakan perencanaan
Kamis, 28 April 2011    Menulis daftar pertanyaan wawancara
Selasa, 3 Mei 2011       Wawancara Dian Solin, Resdina Silalahi, Gabe Srisutarti
Rabu, 4 Mei 2011         Wawancara Ambarita, Theodora Ginting, Rio
Kamis, 5 Mei 2011       Wawancara Yurina B. Saragih, Luci O. Sitorus
Selasa, 10 Mei 2011     Diskusi kelompok
Sabtu, 14 Mei 2011      Mengerjakan poster

Kalkulasi Biaya

Perkiraan biaya yang kami keluarkan adalah sebagai berikut:
•    Snack Rp 15.000,-

Pelaksanaan

Pada hari Kamis, 28 April, kami mulai menyusun daftar pertanyaan wawancara sebagai berikut:
  • Apa yang kamu ketahui tentang software ?
  • Software apa saja yang ada dalam PC mu?
  • Pernahkah kamu menggunakan software dalam mengerjakan tugas? Apakah setiap mata kuliah mewajibkan penggunaan software dalam mengerjakan tugas?
  • Software apa saja yang biasa kamu gunakan untuk mengerjakan tugas dan software apa saja yang ada dalam PC tapi fungsinya bukan untuk mengerjakan tugas?
  • Dalam 1 minggu berapa kali menggunakan software untuk mengerjakan tugas?
  • Software terbagi 2, ada yang dipakai secara online, dan ada yang tidak harus menggunakan jaringan internet. Yang menggunakan jaringan internet apa saja?
  • Adakah dosen yang secara spesifik mengharuskan penggunaan software tertentu dalam mengerjakan tugas? Apa itu?
  • Apakah dosen itu mengajarkan cara penggunaan software itu atau kamu belajar sendiri?
  • Pernahkah kamu dengan sengaja mendownload suatu software untuk mengerjakan tugas (inisiatif sendiri)? Software apa?
  • Adakah software yang menurutmu penting tapi tidak ada dalam laptopmu? Dan apa tindakanmu untuk mendapatkan software itu?
  • Andaikan laptop atau komputermu rusak atau mati lampu, dan kamu tidak bisa menggunakan laptop atau komputermu, seberapa terganggukah kamu?
  • Dalam skala 1-10 seberapa penting software menurutmu dalam mengerjakan tugas? jelaskan mengapa!
Pada hari Selasa, 3 Mei, kami melakukan wawancara di Jln Jamin Ginting Gg. Sarman No. 18 kepada Dian Solin, Resdina Silalahi, dan Gabe Srisutarti. Lalu pada Rabu, 4 Mei 2011, kami melakukan wawancara di Jln Jamin Ginting Gg. Sarman No. 26, 23-24, dan 21 kepada Theodora Ginting, Rio, dan Ambarita. Kemudian pada hari Kamis, 5 Mei 2011, kami melakukan wawancara di Jln Dr. Mansur Gg. M.Yusuf No. 9 dan Jln Dr. Mansur Gg. Kenari No. 5A kepada Yurina B. Saragih dan Luci O. Sitorus.
Setelah melakukan wawancara, pada hari Selasa, 10 Mei 2011 kami melakukan diskusi kelompok dan mengerjakan poster pada hari Sabtu, 14 Mei 2011.

Pelaporan

Dari wawancara yang kami lakukan, jawaban-jawaban yang kami terima secara umum adalah:
  • Software adalah perangkat lunak di komputer yang digunakan untuk mengerjakan tugas.
  • Software yang ada dalam PC: Microsoft, Mozilla, Winamp, game, dll.
  • Pernah, tapi tidak setiap mata kuliah mewajibkan penggunaan software.
  • Software yang bukan untk mengerjakan tugas: Photoshop, Winamp, Power DVD, Media Player, game, dll. Software yang untuk mengerjakan tugas: Microsoft Office (umum), Autocad (Teknik), SPSS.
  • Penggunaan software dalam mengerjakan tugas sekitar 3 kali seminggu sampai setiap hari.
  • Yang menggunakan jaringan internet adalah Mozilla dan Internet Explorer.
  • Ada dosen yang tidak menganjurkan secara spesifik penggunaan software tertentu tapi ada juga dosen yang menganjurkan software tertentu. Contoh: SPSS.
  • Jarang ada dosen yang mau mengajari, biasanya harus belajar sendiri, kalaupun diajari biasanya hanya sekedarnya saja.
  • Ada yang pernah sengaja mendownload software tapi ada juga yang tidak pernah.
  • Software yang penting tapi tidak ada dalam laptop conohnya: Epanet, SPSS. Kalau tidak ada di laptop biasanya download dari internet atau minta dari senior di kampus.
  • Kalau laptop rusak atau sedang mati listrik biasanya membuat sangat terganggu sehingga harus menunggu sampai listrik hidup atau pergi ke warnet.
  • Dari skala 1-10, pentingnya software antara nilai 8-10, karena software sangat penting dan membantu dalam mengerjakan tugas.
Dari jawaban-jawaban ini, kesimpulan yang kami dapat:
  • Software yang banyak digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas: Microsoft, Autocad, SPSS, Mozilla Firefox
  • Mahasiswa biasanya menggunakan software untuk mengerjakan tugas 3-7 kali seminggu.
  • Ada fakultas atau mata kuliah tertentu  yang menggunakan  software tertentu yang lebih sering digunakan dalam proses belajar. Contoh: Fakultas Teknik menggunakan Autocad, MIPA menggunakan program matematika, mata kuliah statistika menggunakan SPSS, dll.
  • Dari skala 1-10, kebanyakan mahasiswa memberikan nilai antgara 8-10 kepada software karena beranggapan software sangat penting dan membantu dalam pengerjaan tugas. 
 Poster



Evaluasi

Secara umum, pelaksanaan tugas mini proyek ini berjalan cukup baik. Namun kami mendapatkan beberapa kendala, seperti misalnya susah mendapatkan narasumber, ada narasumber yang tidak menjawab dengan jelas atau jujur, ataupun kendala menentukan waktu diskusi. Namun semuanya cukup bisa diatasi dan proses pembuatan tugas mini proyek ini berjalan dengan baik.

Testimoni

Mona:  Dalam mengerjakan tugas mini proyek ini banyak pengalaman baru yang kudapatkan terutama saat melakukan wawancara. Tugas ini susah-susah gampang.
Artha: Menurut saya, tugas mini proyek ini cukup membingungkan. Mungkin karena baru pertama kali membuat penelitian ilmiah. Namun ini cukup membantu saya untuk terbiasa membuat karya ilmiah.
Martina: Tugas mini proyek ini merupakan sebuah pengalaman baru bagi saya, dan cukup membingungkan karena harus membuat poster juga.

Daftar Pustaka:
Munir., (2008). Kurikulum berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta
Sukadji, S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar